Monday, May 1, 2017

OLAH LAHAN UNTUK PEPAYA KALIFORNIA


     Perlu kita ketahui bersama,bahwa keberhasilan kita dalam berbudidaya baik itu pepaya ataupun tanaman pangan yang lain di perlukan olah lahan yang baik dan tidak asal-asalan,dan tentunya hal itu akan memakan tenaga juga biaya yang tidak sedikit,namun hal itu akan berbanding lurus dengan hasil yang kita dapatkan.

Olah lahan adalah semua tindakan yang kita terapkan pada lahan,dengan tujuan untuk mencapai kondisi tertentu.dan tentunya kondisi tertentu itu adalah kesuburan tanah.tindakan itu bisa berupa pemberian bahan organik secara kontinyu,pemberian dolomit atau kapur pertanian,pencangkulan ataupun penanaman biang bakteri baik.

Baiklah kita bahas tahap demi tahap gan..

Pemberian bahan organik pada lahan mutlak di perlukan,semakin banyak semakin baik,minimal 1 ton/ha dan khusus pada tanaman pepaya kalifornia pemberian bahan organik jelas sekali terlihat hasilnya,pemberian bahan organik baik itu kompos ataupun pukan(pupuk kandang) sangat membantu daya tahan pepaya terhadap gangguan pernyakit maupun cuaca ekstrem.nampak jelas perbedaan antara pohon yg di aplikasi pukan dengan pohon yang hanya mengandalkan pupuk kimia.usahakan satu pohon pepaya mendapatkan 1 karung pukan,hasilnya mantap gan..

Hati-hati dengan pemberian pukan,terutama pada pohon pepaya jangan sampai pukan yang kita aplikasikan malah menjadi biang penyakit,nggak lucu kan..?maka
Sebelum pukan kita masukan ke lahan sebaiknya kita olah dulu dengan cara di fermentasi menggunakan agen hayati,bisa berupa PGPR,Trichoderma,EM4 ataupun decomposer yang lain.sehingga pukan yg kita masukan benar-benar matang dan terhindar dari bibit-bibit penyakit.
 BACA :   CARA MUDAH DAN CEPAT CANGKOK PEPAYA                                                                                                     
Disamping kompos dan pukan sangat di sarankan juga di lakukan pengapuran pada lahan kita,hal ini akan berdampak sangat baik pada lahan.apalagi pada musim penghujan,pengapuran menjadi menu wajib yang harus segera di laksanakan.sudah kita ketahui bersama,manakala hujan turun terus menerus,Ph tanah akan menurun dan sebagian banyak tumbuhan kurang bisa tumbuh dengan maksimal pada ph yang rendah.begitu juga dengan tanaman pepaya.
Solusi terbaik untuk menaikkan Ph tanah adalah dengan pemberian kapur pertanian,dan sudah terbukti,dolomit,kaptan,kapur gamping mati,sangat manjur untuk mengatasi tanah yang ber-Ph rendah.

Inti olah lahan,selain yang sudah di jabarkan di atas,adalah pencangkulan..olah lahan identik dengan mengcangkul,serta banyak manfaat pencangkulan terhadap kualitas lahan kita.

Di antara manfaatnya adalah tanah menjadi gembur.
Perlu di ingat,saat kita membalik tanah,terjadilah rongga-rongga dalam tanah,di situlah udara masuk,terjadilah pertukaran hawa,aerasi,banyak racun-racun yang menguap,sisa-sisa residu pukimpun ikut menghilang.
  BACA JUGA :     CARA MEMBUAT RAMUAN PESTISIDA NABATI    (PESNAB)                                                                                                         
Ikatan antar partikel tanahpun agak longgar,sehingga ujung-ujung akar akar leluasa merayapi  bongkah-bongkah dalam tanah,untuk menyerap unsur2 penunjang kehidupan tanaman,baik itu unsur-unsur  makro maupun mikro.
Dengan tanah yang gembur pula bermacam-macam bakteri baik betah tinggal di sana,berkembang biak dan berkoloni,bersimbiosis dengan akar tanaman,yang ahirnya akan menyebabkan akar sehat,dan tanaman sehat.
     BACA JUGA :   CARA MEMBUAT DAN MENYIAPKAN BIBIT UNGGUL PEPAYA KALIFORNIA / IPB-9                                                                                                                                             

Demikian uraian singkat kami,mohon koreksi dan motivasi.

Salam tani
Salam sukses









No comments:

Post a Comment

TAPAK LIMAN SANG VIAGRA JAWA

TAPAK LIMAN      Tapak liman adalah tumbuhan semak belukar,yang keberadaanya kadang luput dari perhatian kita,padahal tapak liman kaya ak...

popular post