Thursday, April 27, 2017

MEMBUAT BIBIT UNGGUL PEPAYA KALIFORNIA


Dalam budidaya pepaya california hal mendasar yg harus di perhatikan adalah tehnik pembibitan.hal tersebut tidak boleh dianggap sepele karena pepaya yg bagus berasal dari bibit yang berkualitas,dan lagi keberhasilan budidaya kedepannya sangat dipengaruhi oleh kualitas bibit yang kita tanam.

Pembibitan pepaya kalifornia mempunyai beberapa tahap yang harus di siapkan dan dikerjakan,4 tahap itu adalah ;
     1.pemilihan pohon indukan
     2.isolasi bunga bakal bibit
     3.penyortiran biji bibit
     4.perlakuan pasca biji tumbuh

A.PEMILIHAN POHON INDUKAN
     Ada beberapa kelebihan dan keuntungan ketika kita memutuskan untuk membuat bibit sendiri,di samping kita bisa menghemat biaya,karena kita tidak harus membeli bibit lagi,budidaya dengan cara pembibitan mandiri,jelas sangat menguntungkan  karena kita bisa menyiapkan kualitas bibit yang kita tanam.
     Pertama yang harus di lakukan adalah pemilihan pohon indukan.Pilihlah pohon pepaya yg paling montok,sehat dan tahan serangan pernyakit,diusahakan juga pohon tidak punya history serangan antraknosa,fungi fusarium sp.serta penyakit lainnya.
     Selain syarat-syarat di atas diusahakan juga pohon minimal sudah berumur 3 tahun,semakin tua semakin bagus,biasanya benih yang di hasilkan dari pohon indukan yang sudah punya umur akan lebih tahan penyakit,lebih tahan cuaca ekstrem.

B.ISOLASI BUNGA BAKAL BIBIT
     Semakin dini perlakuan khusus di terapkan pada calon buah yang akan di bibitkan akan semakin baik,karena  ini bertujuan untuk menjaga kesterilan genetik buah lonjong.untuk tujuan tersebut hal yang perlu kita lakukan adalah mengisolasi bunga dari penyerbukan dengan bunga lain ataupun perkawinan silang dengan bunga pada batang pohon lain.
    Bahan yang kita butuhkan hanyalah kertas nasi.
    Baliklah kertas nasi hingga bagian sisi yang berlapis plastik ada pada bagian luar,ini bertujuan untuk menahan air hujan sehingga kertas tidak menjadi basah.
Pilihlah bunga sehat yang belum mekar,masih kuncup kecil,lalu bungkuslah bunga itu dengan hati-hati.dan biarkan bunga terbungkus untuk beberapa hari.
    Amatilah bunga ke-2 di atas bunga yang kita bungkus,jika bunga itu sudah mekar itu tandanya bunga target sudah kelar dalam fase penyerbukan,dan selanjutnya bungkus sudah bisa kita buka.
    Sekarang kita sudah punya buah pepaya junior yang nantinya akan kita jadikan bibit.
Jangan lupa tandailah buah tersebut untuk menjaga agar kelak tidak tertukar dengan buah yang lain.

C.PENYORTIRAN BIJI BIBIT
    Setelah buah kita dapatkan,di lanjutkan dengan action pemilahan biji,sebelumnya buah pepaya kita potong menjadi 3 bagian,sisakan pepaya bagian tengah,sedangkan 2 bagian yang lain kita buang.
Perlu di ketahui,dari 1 buah pepaya lonjong biasanya akan tumbuh menjadi,30% pepaya bulat,,70% pepaya lonjong,00komasekian% pepaya jantan.
Itulah sebabnya kenapa kita buang biji dari 1/3 bagian pangkal pepaya dan 1/3 bagian ujung pepaya,karena dari sanalah biasanya terkonsentrasi bakal calon pepaya bulat.
Setelah biji kita dapatkan,rendamlah biji-biji tersebut dalam air yang telah di campur dengan garam dapur,diamkan dan tunggu beberapa saat.
Buanglah biji-biji yang mengambang dan ambilah biji-biji yang temggelam untuk kemudian kita jadikan bibit.

D.PERLAKUAN PASCA BIJI TUMBUH
     Setelah biji dikeringkan,maka action selanjutnya adalah mengecambahkan  biji tersebut,ada banyak cara dan trik dalam membuat biji pepaya cepat berkecambah,bab ini nanti akan kita bahas dalam segmen CARA MENGECAMBAHKAN BIJI PEPAYA
     Perlakuan pasca tumbuh dominan dengan penyiraman,dan menjaga kelembaban,momok terbesar di fase ini adalah kelompok fungi dari jenis fusarium sp.jamur inilah biang kerok rebah semai yang kerap mengejutkan.
Aplikasi fungisida sangat di perlukan,baik itu fungisida sintetik buatan pabrik maupun agen hayati.
Tricodherma biasanya sangat ampuh untuk menghambat laju koloni fusarium sp.                
 berdasarkan Dari pengalaman kami,di samping trico,rendaman akar bambu jg sangat baik untuk mendampingi benih anda dari gangguan fusarium dkk.

Di samping pembenihan lewat biji,terdapat juga pembenihan dengan cara di cangkok,silahkan simak juga Cara mencangkok pepaya


Trima kasih
Di tunggu koreksi dan tambahan dari agan-agan sekalian

Terus berkarya untuk negeri





No comments:

Post a Comment

TAPAK LIMAN SANG VIAGRA JAWA

TAPAK LIMAN      Tapak liman adalah tumbuhan semak belukar,yang keberadaanya kadang luput dari perhatian kita,padahal tapak liman kaya ak...

popular post