Sunday, April 23, 2017

MACAM -MACAM BUNGA PEPAYA

 

Dalam budidaya pepaya  calina/Ipb-9 kita bisa mengetahui seperti apa nantinya buah yang di hasilkan dari pohon yang kita tanam, cukup dengan  melihat calon bunga saja.kita bisa tahu nantinya buahnya berbentuk seperti apa?lonjong panjangkah?, bulat bundarkah?,atau bahkan sama sekali tidak mau berbuah?.

Ada beberapa jenis bunga pada pepaya kalifornia di antaranya adalah ;
     1.bunga jantan
     2.bunga betina
     3.bunga sempurna/hemaprodit.

A.bunga jantan
Bunga jantan pada tanaman pepaya tidak menghasilkan buah,berbentuk kecil-kecil,bertangkai panjang,membentuk kelompok yang banyak.
Pohon pepaya yang menghasilkan bunga jantan,hanya berbunga saja sepanjang tahun,dan tidak akan berbuah selama hidupnya.

Walaupun pohon pepaya ini tidak berbuah tapi,banyak orang yang memanfaatkan bunga jenis ini untuk bahan obat ataupun sayur mayur
Dalam 1 buah pepaya,yang bijinya bisa mencapai ribuan butir,kadang-kadang hanya beberapa biji butir saja,menurut pengamatan kami biasanya biji-biji yang ada di pangkal buah punya kecenderungan untuk menjadi pohon pepaya jantan.saran kami bila temen-temen mau membuat bibit benih buanglah biji-biji pepaya yang ada di pangkal buah,caranya dengan memotong pepaya bagian pangkal sebanyak 1/3'bagian.
     BACA  :  MEMBUAT SENDIRI BIBIT UNGGUL PEPAYA KALIFORNIA      


B.bunga betina
Pada pepaya bunga betina berbentuk besar-besar,dan dalam satu pangkal tangkai daun biasanya hanya terisi 1 bunga saja atau cenderung berbunga sedikit.
Bunga jenis ini nantinya akan berbuah dengan bentuk buah bulat-bulat.dan biasanya pohon yang berbunga betina mempunyai daya tahan yang lebih baik terhadap penyakit tanaman.

Sebenarnya pohon dengan bunga jenis ini,sangat di hindari oleh para petani dikarenakan nantinya akan menghasilkan buah yang harganya sangat murah,di karenakan pasar memang lebih familiar dengan pepaya kalifornia yang berbentuk lonjong.sering kali pohon pepaya akan di cabut dan di ganti dengan bibit baru setelah tahu berbunga betina,karena secara ekonomi memang sangat merugikan petani.
Dengan kondisi demikian banyak petani yang menanam dengan sistem dobel,di mana setiap titik tanam di tancapi dengan 2 bibit,dengan harapan nantinya dari 2bibit itu ada yang berbunga sempurna.
 BACA JUGA :  

 |MEMBUAT BENIH UNGGUL PEPAYA KALIFORNIA 

 |CARA PALING MUDAH CANGKOK PEPAYA  

 |MANFAAT AJAIB POHON SEREH  

 |WANITA YANG DI PERSILAHKAN MEMILIH PINTU SYURGA    

C.bunga sempurna atau bunga               hemaprodit
Bunga hemaprodit adalah bunga yang dalam satu kuncupnya sudah ada putik dan benang sari,bunga lengkap.
Bunga jenis ini nantinya akan menjelma menjadi buah yg berbentuk lonjong,buah yang di idamkan-idamkan para petani pepaya.
Pada pepaya kalifornia / IPB 9 bunga sempurna akan menghiasi tiap pangkal tangkai daun,biasanya ada sepasang bunga utama,yg di dampingi banyak bunga-bunga kecil.kalau 2 bunga utama ini berhasil jadi buah,nantinya akan jadi buah yang super montok.besar dan panjang.
Namun dalam kasus-kasus tertentu bunga ini bisa berubah menjadi bunga betina.hal tersebut hanya bisa terjadi ketika mengalami cuaca ekstrem dan faktor pemupukan yg berlebih.



Demikian uraian singkat macam-macam bunga  pada pepaya kalifornia,besar harapan kami teman-teman sudi melengkapinya,trimakasih

Salam tani
Mari menanam


No comments:

Post a Comment

TAPAK LIMAN SANG VIAGRA JAWA

TAPAK LIMAN      Tapak liman adalah tumbuhan semak belukar,yang keberadaanya kadang luput dari perhatian kita,padahal tapak liman kaya ak...

popular post