Thursday, April 20, 2017

CARA MENCANGKOK PEPAYA




  
     Salam damai,salam persahabatan. dalam kesempatan ini kami mau berbagi tentang membuat benih pepaya dengan cara di cangkok.ada beberapa keunggulan jika kita memakai  sistem cangkok namun ada juga sisi minusnya

beberapa keunggulan dalam menanam pepaya menggunakan  sistem cangkok,di antaranya adalah ;

1.memilih bentuk buah.                    Sebagaimana telah umum diketahui bahwa pasar menginginkan buah yang berbentuk panjang,sedangkan buah pepaya yg berbentuk bulat kurang di minati konsumen dan para pedagang buah.maka dari itu,jika kita menanam pepaya yang tujuan diantaranya untuk, di jual,dan di jadikan ladang usaha,maka sebisa mungkin buah yang kita produksi berbentuk  lonjong.
maka jika kita melakukan pembibitan secara konvensional,di mana bibit kita dapatkan dengan cara mengambil biji buah,maka kemudian bibit yang kita dapatkan bervariasi,yang berdampak pada hasil buah yang bervariasi jg,ada pepaya lonjong,bulat,bahkan pepaya jantan.

     Semua itu sekarang bisa kita siasati dengan cara mencangkok,karena pohon pepaya hasil cangkokan   punya sifat yg sama dgn indukannya.jika pohon pepaya kita cangkok berbuah lonjong,maka nantinya pohon yang kita tanam dari hasil mencangkok itu akan menghasilkan buah lonjong juga.

2.pohon pepaya akan lebih pendek saat berbuah.
     Mengingat saat kita mencangkok pohon pepaya,batang yang kita cangkok berasal dari pohon pepaya yang  sudah dewasa,jadi otomatis hasil cangkokan kita biarpun baru ditanam sudah berbatang dewasa,hal itu akan berdampak hasil cangkokan akan lbh cepat berbuah.pokoknya setelah pohon sembuh dari stress dan mulai nampak pertumbuhanya,saat itu jg pohon ikut berbunga.so...akhirnya pohon sdh berbuah biarpun masih kelihatan pendek banget.mantap..buah bs menyentuh tanah saking pendeknya.

BAHAN-BAHAN 
1. PISAU
2. WADAH AQUA GELAS BEKAS
3. TALI RAFIA
4. LIDI / KOREK API JROS
5. MEDIA TANAH/KOMPOS
6.  ZPT (kalau ada)


CARA MENCANGKOK
     Setelah bahan terkumpul,kita pilih pohon pepaya yg akan kita cangkok,perlu di ketahui bahwa sebagian orang beranggapan kalau pohon pepaya tidak bisa di cangkok,mengingat memang pohon pepaya tidak mempunyai kayu,yang mana secara umum sistim cangkok diterapkan pada tumbuhan berkayu saja,akan tetapi tidak ada yang tidak mungkin bagi orang yang biasa mencoba untuk terus berkreasi,maka jikalau agan belum sukses dan mengalami kegagalan Dalam mencangkok pepaya,diharapkan tidak cepat putus asa,dan mau untuk mencoba lagi.

     Untuk partai besar dan pembibitan menggunakan biji pepaya,maka di perlukan penyortiran dan seleksi yang ketat,untuk menghasilkan bibit berkualitas..
   B A C A                                                       CARA MEMBUAT BIBIT UNGGUL PEPAYA KALIFORNIA                                                                                                   

1. Awali dengan berdo'a dulu,kemudian ambil pisau untuk mengiris salah satu sisi wadah aqua untuk nanti di pasangkan di batang cangkok

2. iris batang pepaya,melintang miring ke atas sampai setengahnya,setelah itu olesi dgn ZPT bekas sayatan tadi dan area sekitarnya.diamkan 5 menit agar olesan ZPT atus/kering angin-angin

3. masukan lidi/batang korek api jross di bekas sayatan tadi dengan tujuan agar sayatan tidak menempel satu sama lain.dengan kata lain agar sayatan jadi rengang.

   MONGGO DI BACA                                      CARA TERCEPAT,PRAKTIS CANGKOK PEPAYA SELESAI DALAM SATU MENIT                                              


Batang korek api di selipkan dgn tujuan
 agar irisan jadi renggang



4. Masukan wadah aqua ke batang pepaya,dan ikat  dengan tali rafia dengan kencang dan kokoh agar nantinya cangkokan tidak mudah bergoyang.

5. masukan tanah ke wadah agua hingga penuh,di harapkan tanah tidak terlalu renggang maupun terlalu padat, tunggu 2 minggu sampai 1 bulan,kalau berhasil sudah nampak tumbuh akar.dan selanjutnya siap untuk pindah tanam.

Cangkokan di ikat erat agar tidak 
Mudah goyang,yang menyebabkan
Akar muda gampang putus

   B A C A   J U G A                                        CARA CEPAT MENGECAMBAHKAN BIJI PEPAYA                                                                                                                     

     Demikian yang bisa kami sampaikan secara singkat tentang cara menyangkok pepaya yang kami ambil dari pengalaman kami selama ini.
Semoga bermanfaat

SELAMAT MENCOBA DAN SEMOGA BERHASIL.


Pohon pepaya hasil cangkokan
Batang masih pendek,sdh berbuah lebat



2 comments:

TAPAK LIMAN SANG VIAGRA JAWA

TAPAK LIMAN      Tapak liman adalah tumbuhan semak belukar,yang keberadaanya kadang luput dari perhatian kita,padahal tapak liman kaya ak...

popular post