Thursday, May 4, 2017

KERAJINAN TANGAN


KERAJINAN TANGAN 
     Sebagai masyarakat yang hidup di pedesaan kami harus kreatif dalam mencari sumber pendapatan,dan harus bisa memanfaatkan bahan-bahan di sekitar kami,yang tadinya seperti tidak berharga untuk di sulap menjadi barang-barang yang punya nilai ekonomi tinggi.
     Memang sumber pendapatan utama kami adalah sektor pertanian,karena bidang inilah yang lebih kami kuasai,dan bidang inilah yang sudah sekian lama menghidupi kami.
Dari mulai tanaman pangan primer,seperti padi,sampai sayur mayur dan hortikultura kami budidayakan.
     Tetapi ketika musim tanam telah usai,kami mempunyai banyak waktu senggang,dan tidak mempunyai aktifitas apa-apa.nah pada saat-saat seperti itulah kami harus mencari kegiatan yang bermanfaat untuk mengisi waktu,maka ide untuk memproduksi barang-barang kerajinan tangan mendapat respon positif dari temen-temen di sekitar kami.
     Ada banyak jenis kerajinan tangan yang bisa kami buat,berdasarkan dari bahan bakunya,kerajinan tangan tersebut bisa di kelompokan menjadi;
 1.kerajinan bambu
 2.kerajinan rotan
 3.kerajinan plastik
 4.kerajinan bahan bekas

Kerajinan bambu
    Bambu adalah bahan baku yang sangat mudah di dapat,apalagi kalau kita berdimisili di pedesaan.hampir di setiap pekarangan tumbuh rumpun bambu dengan lebatnya.memang bambu adalah salah satu tumbuhan yang gampang banget tumbuh,subur dan jarang terkena penyakit tumbuhan,itu smua di karenakan dalam akar bambu banyak hidup koloni bakteri baik dan fungi,salah satunya tricoderma sp.
    Terdapat banyak sekali kerajinan dari bambu,dan kebanyakan di hargai dengan murah,di karenakan bahan baku yang melimpah dan barang-barang yg di produksi adalah item tradisional,di antaranya adalah;
1.kukusan,alat mengukus nasi nasi
2.piti, alat utuk menanak nasi
3.peti
4,tampah,irig,bubu dll
    Namun tidak semua kerajinan bambu harganya kurang memuaskan,ada jg kerajinan yang di hargai mahal,misalnya kerajinan meja kursi dari bambu,tirai cantik dari bambu dll.

Kerajinan rotan
    Dewasa ini kerajinan rotan berkembang sangat pesat,hingga kemudian banyak tumbuh homeindustri,perusahaan,dan pabrik yang mengolah bahan rotan mentah menjadi barang yang mempunyai nilai ekonomi tinggi.
    Bahkan sekarang banyak perusahaan rotan yang telah berhasil meng-ekspor berbagai barang keluar negeri.
    Di antara barang yang di buat dari rotan adalah seperangkat meja kursi,almari,kursi pantai,dipan,dll
    Rotan juga bs di bikin menjadi rak sepatu,rak buku,tatakan seserahan,aneka keranjang,aneka pot bunga,pigura,lampion dll.

Kerajinan plastik
    kerajinan dari bahan plastik mempunyai keunggulan lebih tahan lama dan tidak gampang lapuk,kerajinan dari plastik atau sintetis biasanya lebih mahal dari bahan bambu maupun rotan.hal tersebut di karenakan bahan baku plastik lebih mahal.tidak seperti bambu yang bisa di dapat dari alam plastik mesti di beli dari industri.
    Barang yang biasa di buat dari bahan plastik misalnya aneka lampion,aneka tutup saji,aneka tempat cup air minum kemasan,rak buku,kursi,meja dll.

Kerajinan bahan bekas
    Barang-barang bekas bisa kita gunakan untuk di jadikan sesuatu yang nantinya bisa di jual dan mendatangkan uang,bekas apapun bisa di sulap jadi sesuatu yang berharga.
Keuntungan menggunakan bahan bekas,sama dengan mengurangi sampah di sekitar kita,seperti sudah lumrah kita dapati orang membuang plastik bekas kemasan kopi,kemasan serbuk minuman dll,sembarangan kapanpun dan di manapun,tapi di tangan kita bungkus-bungkus itu di kumpulkan untuk dijadikan sesuatu yang bernilai ekonomi tinggi.

 Contoh kerajinan barang bekas adalah Dompet antik dari bungkus kopi

 

    Contohnya kaleng bekas kemasan susu bisa di jadikan tempat tatakan lilin.
Plastik bungkus kopi sachet,bisa di gunakan menjadi dompet nan cantik,di buat tas yang indah dan si hargai dengan mahal.
Kain bekas dari rumah jahit kita rajut menjadi bros cantik,jadi boneka,jadi bantal dll

Smoga bermanfaat,dan menjadi inspirasi
Selamat berkarya


    



No comments:

Post a Comment

TAPAK LIMAN SANG VIAGRA JAWA

TAPAK LIMAN      Tapak liman adalah tumbuhan semak belukar,yang keberadaanya kadang luput dari perhatian kita,padahal tapak liman kaya ak...

popular post