Wednesday, June 28, 2017

MANFAAT BAWANG DAYAK

     Bawang dayak yang punya nama lain seperti bawang tiwai,bawang sabrang atau bawang berlian biasa tumbuh di tengah-tengah pedalaman hutan suku dayak di kalimantan sana,hidup bergerombol dengan umbi warna merah tua.spesies bawang yang sebenarnya berasal dari benua amerika saat ini mulai populer dan banyak di budidayakan oleh para hobbis mengingat manfaat dan kegunaaanya yang terbilang istimewa.
     Kegunaan dan manfaat yang pokok dan terkenal dari bawang dayak adalah sebagai pengobatan dan pencegahan pernyakit kanker,di samping banyak manfaat-manfaat yang lain.kegunaan bawang dayak berkaitan erat dengan zat-zat aktif yang terkandung dalam umbinya yang berwarna merah gelap itu.

Berikut kandungan umbi bawang dayak :

A. ALKALOID
     Senyawa yang terkandung di dalam umbi bawang dayak atau bawang tiwai  ini berfungsi atau berkhasiat sebagai anti mikroba

B. FLAFONOID
     Zat yang satu ini mempunyai multi fungsi.senyawa flavonoid yang terkandung di dalam umbi bawang dayak bermanfaat sebagai anti virus, anti kanker juga sebagai anti diabetes,juga bisa di gunakan sebagai anti depresi serta sebagai deuretik
C. GLIKOSIDA
     Senyawa glikosida yang terdapat pada umbi bawang dayak senyawa yang tersusun dari glikon atau gula dan juga senyawa lainnya seperti genin maupun aglikon.senyawa glikon itu sendiri terdiri fruktosa,glukosa,manosa,galaktosa serta laktosa.kegunaan glikosida untuk tubuh kita adalah sebagai obat kanker,untuk mempertahankan daya tahan tubuh serta bisa di gunakan sebagai obat kalesterol alami. di samping itu masih banyak sekali manfaat glikosida bagi kesehatan kita

D. ZAT ZAPONIN
     Zat zaponin berfungs sebagai pengikat kolesterol dalam darah

E. TANIN
     Kegunaan tanin bagi tubuh adalah sebagai anti diare,sebagai antioksidan yang dapat mencegah perkembangan sel-sel kanker dalam tubuh,dan juga berfungsi sebagai antidotum atau zat penawar racun.

   KHASIAT BAWANG DAYAK
     Menurut beberapa sumber, bawang dayak bisa untuk mengobati banyak pernyakit selain untuk mengobati  pernyakit kanker,di antaranya :
Kanker rahim, prostat, bisul, ambeien, kolesterol, amandel, asma, darah rendah, TBC, menurunnya daya ingat/pelupa, sakit pinggang, epilepsi, gangguan pencernaan usus,gangguan ginjal, bronkhitis,migrain,hipertensi, hepatitis, gondok, jantung, diabetes, insomnia, gangguan seksual,rematik,pernyakit kuning, maag,keputihan, kista, asam urat,stroke,penguat stamina.

 BACA  :   FAEDAH DAN MANFAAT MEMINUM KOPI                                                                                                                              

    TATA CARA  KOMSUMSI BAWANG DAYAK.
     Tumbuhan yang tumbuh liar di hutan ini,dengan daun yang berbentuk pita yang agak-agak mirip dengan pohon palem,denga bunga berkelopak lima berwarna putih,dan hanya tumbuh saat gelap saja,dengan umbi yang berbentuk bulat telur sebagai mana umumnya umbi varian bawang-bawangan yang lain.
bawang yang satu ini memang agak lain dengan saudara-saudaranya karena tidak di gunakan sebagai bumbu masakan,karena bawang dayak memang seperti tidak beraroma.
ada beberapa cara untuk mengkomsumsi bawang yang unik ini:

A. cuci bersih bawang dayak lalu makan secara langsung layaknya orang makan lalapan,lakukan 2X        dalam sehari,2-3 siung.

B. cuci bersih bawang dayak,iris tipis-tipis 4-5 siung seduh dengan air panas,aduk dan biarkan agar          mendingin,minum 2 gelas dalam  satu hari.


            Bawang dayak di seduh pakai air panas

C. Dengan cara di rebus,caranya sebagai berikut :
     1. cuci bersih 10-12 siung bawang dayak,iris kecil-kecil dan tipis.
     2. rebus bawang dayak dengan 4 gelas air, lakukan hingga air rebusan tinggal setengahnya saja
     3. setelah air rebusan dingin masukan ke dalam 2 gelas dan di minum 2 kali untuk satu hari


Demikian sedikit info tentang tumbuhan ajaib bawak dayak yang di percaya bisa di jadikan perantara untuk kesembuhan bermaam-macam pernyakit.

    Baca juga. :   CARA MENGCANGKOK PEPAYA DENGAN MUDAH                                                                                                                  

Terima kasih dan semoga manfaat, dan bagi anda yang menderita suatu pernyakit semoga cepat di beri kesembuhan oleh yang maha kuasa,amieenn.salam



Tuesday, June 27, 2017

5 LOKASI FAVORIT COPET

 
   
      Biarpun banyak yang benci namun profesi copet tetap eksis di tengah-tengah masyarakat sampai sekarang,malah semakin marak akhir-akhir ini,apalagi saat-saat menjelang lebaran ataupun saat tahun baru.
     Copet adalah salah satu aksi kejahatan yang marak terjadi di tempat-tempat keramaian,di tempat berkumpulnya orang-orang  yg berbelanja,di tempat orang sibuk mengantri,di kerumunan orang,tempat lalu lalang.aksi copet bisa di lakukan sendirian tapi acap kali di lakukan secara kelompok yang terorganisir.yang setiap orangnya akan berperan untuk keberhasilan aksi mereka,ada yang berperan  pengalih perhatian,eksekutor bahkan ada yang berperan sebagai penyelamat atau pelindung jika sewaktu-waktu sang eksekutor kepergok massa.
    Yang harus di perhatikan oleh kita adalah bagaimana caranya agar kita terhindar jadi korban mereka.maka dari itu kita harus tahu ciri-ciri pencopet melalui gerak tubuh mereka,dan sebisa mungkin kita tidak menggunakan perhiasan atau aksesori yang berlebihan yang bisa mengundang mereka untuk berbuat kejahatan pada diri kita,kenali juga tempat-tempat favorit para copet untuk melancarkan aksi mereka.

     Berikut 5 tempat favorit para copet untuk mencari mangsa.

1. TERMINAL BUS
     Terminal bis adalah tempat sangat favorit untuk para pencopet dalam melancarkan aksinya.terminal bus adalah tempat paling sibuk,setiap orang seperti terburu-buru jika berada di dalam terminal, kebanyakan calon penumpang yang takut ketinggalan bus yang akan di naikinya.
     Maka sering kita lihat orang-orang berebut untuk mendapatkan bis,saling dorong,saling sikut,tak jarang jari kaki terinjak-injak oleh orang lain,namun mereka tidak merasakan sakit, yang penting bisa masuk ke dalam bus.
Saat-saat seperti itulah biasanya para pencopet ikut merangsek,berdesakan,nimbrung di depan pintu bus,para pencopet tahu betul saat seperti itu akan memudahkan aksi mereka,saat seperti itu yang mereka tunggu-tunggu,saat orang-orang sudah tidak sadar dengan keselamatan sendiri karena memperebutkan sesuatu.
     Perlu di ingat modus para copet yang beroperasi di areal terminal bus biasanya berpura-pura jadi calon penumpang,maka kita harus hati-hati jika menemui calon penumpang yang tampangnya agak aneh,sebisa mungkin kita menjauh darinya.sebagai contoh misalnya adalah pada umumnya penumpang bus slalu membawa bawaan,mulai dari hanya tas mini sampai ransel ataupun kardus bekas mie instan yang telah di isi bermacam-macam barang bawaan.maka jika ada seseorang yang ikut berdesak-desakan naik ke atas bus tapi tanpa membawa barang bawaan apapun dan gerak tubuhnya tampak mencurigakan seyogyanya kita perlu waspada bila terpaksa berada di pinggirnya.

2. STASIUN KERETA API
     Prinsip dasar operasi copet adalah mengambil secara sembunyi-sembunyi barang yang di bawa orang lain,dan waktu yang paling tepat adalah ketika seseorang lupa dengan barang yang di bawanya,biasanya penyebab lupa adalah saat ia sedang memperebutkan sesuatu.
salah satu contoh adalah saat kita sedang berebut tiket kereta api dan berebut untuk masuk ke rangkaian gerbong kereta api.
     Kejadian copet di dalam kereta api pernah penulis alami sendiri,dulu sekitar tahun 1999.saat itu orang-orang sangat berdesakan masuk ke dalam kereta api.penulis sendiri beruntung berhasil masuk kereta walaupun berjubel penuh penumpang.saat itulah secara reflek penulis langsung memegang saku belakang,karena walaupun pelan namun terasa seperti ada gerakan,dan ternyata memang ada tangan pencopet yang sedang beraksi. akhirnya penulis bisa menangkap tangan seorang pencopet.
     Beruntung sekarang PT.KAI telah meng-upgrade layanannya,sehingga perkeretaan api indoesia tampak lebih rapih,tiketpun  telah di jual secara online sehigga hasilnya mengurangi antrean calon penumpang di depan loket penjualan tiket.masuk peronpun sekarang harus menggunakan kartu identitas seperti kartu KTP,sehingga menghambat masuknya orang-orang yang tidak berkepentingan ke dalam areal stasiun. dan di dalam kereta sudah banyak personel pengamanan.
memang saat ini bisa di katakan PT. KAI telah bisa meng-sterilkan armadanya dari tindak kejahatan copet dan tindak kejahatan yang lainnya.bahkan sekarang kereta telah steril dari para asongan dan pengamen yang kadang-kadang meresahkan penumpang kereta api karena suka memaksa untuk membeli dan memberi tip pada para pengamen. bravo PT.KAI.

3. PASAR
     Dari zaman pra sejarah pasar sudah identik dengan zona sibuk,dari jaman dulu hingga sekarang tidak tidak ada tempat yang lebih sibuk dari pada pasar,hiruk pikuknya sangatlah khas,para penjaja dan pembeli saling bersaing suara,saling tawar-menawar.ada juga pedagang yang jual obral barangnya dengan pengeras suara.
     Dengan segala hiruk-pikuknya pasar adalah salah satu tempat yang sering terjadi tindak kejahatan copet,dalam kerumunan orang bertransaksi para copet ikut beraksi,mencari orang yang lengah,orang terlalu asik tawar-menawar sehingga lupa pada saku belakangnya.
     Modus copet di areal pasar adalah pura-pura jadi pembeli,ikut berdesak-desakan pada kios penjual yang sedang ramai,kemudian pelan-pelan tapi pasti mulai melancarkan aksinya hingga sukses menggondol sebuah dompet.

   BACA  :  MANFAAT DAN FAEDAH MEMINUM KOPI                                                                                                                                                                                                                                                                                                                  

4. PUSAT PERBELANJAAN
     Supermarket dan swalayan juga sebenarnya tidak luput dari aksi para copet,mereka beraksi mulai dari tempat parkir sampai ke dalam supermarket.mereka akan memilih titik-titik yang sedang padat pengunjung.mereka seharian berada di areal itu dan akan menyingkir bila sudah mendapatkan hasil.modus operasi mereka dengan membaur bersama pengunjung swalayan dan seolah-olah seperti pengunjung lainnya dan akan beraksi pada saat yang tepat.
     Cara yang tepat untuk menghindari kejahatan di dalam swalayan dan supermarket adalah dengan tidak melakukan kontak dengan orang tak di kenal yang terlihat sok akrab.yang sok ngajak ngobrol.kita tidak tahu siapa mereka maka sok dekat dengan kita maka semestinya kitapun harus waspada pada mereka.

5. DALAM ANGKUTAN KOTA
     Akhir-akhir ini sangat marak tindak kejahatan yang terjadi di dalam angkot atau angkutan kota,termasuk juga tindak kejahatan copet.malah tak jarang pelaku kejahatan memang bekerja sama dengan supir angkot tersebut.
tips untuk menghindari copet di dalam angkot adalah mencari tempat duduk yang tidak bersebelahan dengan orang-orang yang mencurigakan.ikutilah insting untuk memilih orang yang tampak aman jika kita duduk di sampingnya.cara yang gampang adalah duduklah di samping orang yang memakai pakaian seragam,bisa itu anak-anak sekolah,pegawai negeri,pegawai pemda,para mahasiswa,guru dll.
    Dengan memilih tempat duduk di dalam angkot maka berarti kita mengamankan barang-barang kita dari tindak kejahatan copet,jikalau kita terpaksa tidak bisa memilih tempat duduk dan harus duduk bersebelahan dengan orang yang mencurigakan seyogyanya kita selalu terjaga,berusaha sekuat tenaga untuk tidak tertidur hingga kita sampai pada tempat tujuan.tindak kejahatan copet yang beraksi di dalam angkot maupun bus kota mayoritas terjadi ketika kita pulas tertidur.

     BACA JUGA    :  METHODE DAN TATA CARA DALAM MENGCANGKOK POHON PEPAYA                                                                                                                                                                                                                                                                                            


Demikian sekilas tentang 5 tempat yang sering di jadikan ajang oleh para pencopet untuk melancarkan aksinya.

Pesan untuk para pencopet jika menemukan artikel ini :
"tolong hentikan tindakan anda selama ini,karena sangat menyengsarakan orang lain,bertobatlah dan carilah rizki yang halal untuk menafkahi anak istri,smoga anda cepat insaf dan menemukan pekerjaan lain yang lebih mulia,amien"

terimakasih atas kunjungan anda dan semoga bermanfaat.




     

Sunday, June 18, 2017

4 MANFAAT KOPI

 


    Bagi para penikmat kopi pada umumnya,mungkin manfaat kopi yang bisa di rasakan langsung adalah sebagai pegusir rasa kantuk,dan itu adalah manfaat yang paling umum di ketahui oleh masnyarakat indonesia juga dunia,padahal masih banyak manfaat kopi dan berikut akan kami jabarkan satu persatu.
     kami sendiri menulis artikel ini di sertai dengan minum kopi hitam,kental dan mantap,yang kami rasakan setelah minum kopi selain tidak di hinggapi rasa kantuk adalah bertambahnya gairah kerja,yang jelas setelah minum kopi badan terasa eteng dan bersemangat dan tidak loyo,mungkin itu pengaruh zat kafein dan anti oksidan yang terkandung di dalam serbuk kopi.
     menurut wikipedia kopi pertama kali di gunakan oleh bangsa ethiopia di benua afrika sekitar 3000 tahun yang lalu,yang kemudian menyebar ke seluruh dunia termasuk indonesia hingga sekarang kita sering di suguhi iklan kopi kapal api,ABC kopi susu,torabika,goodday,indocafe dan seambrek merk kopi instan yang beredar di sekitar kita,tapi bagi penulis kopi yang paling enak adalah kopi bikinan bini sendiri dan kopi dari kebun sendiri,kopi hitam paling mantap.

    BACA JUGA   :    CARA PALING PRAKTIS CANGKOK PEPAYA,TEHNIK TERBARU CANGKOK PEPAYA SELESAI DALAM SATU MENIT                                                                 

     berikut kami sertakan 4 manfaat kopi yang kami dapatkan dari website tempo co.id.

1. menghilangkan bau
kita sering berhadapan dengan bahan-bahan material yang jika terpegang di tangan kita akan meninggalkan bau yang akan menempel terus,biarpun di cuci dengan sabun,akan tetap terasa baunya,misalkan ketika kita habis memotong ikan,atau mengiris bawang.
nah solusinya adalah dengan mengambil segenggam bubuk kopi,kemudian kita lumurkan ke sela jari-jari,usap-usap pelan insya alloh  bau amis atau bawang akan cepat lenyap dari tangan kita.

2.anti penuaan
mungkin itulah kenapa para penikmat kopi nampak awet muda hehe,yang jelas kopi bisa mencegah penuaan,kita bisa gunakan kopi di campur dengan air,kemudian balurkan ke kulit,pijat pelan-pelan memutar,melingkar berulang-ulang kemudian bilas

3.menghilangkan selulit
perawatan murah meriah ini tinggal mencampurkan bubuk kopi dengan sedikit minyak kelapa,pijat-pijat melingkar,pelan-pelan agar tidak lecet dan luka,kemudian bilas hingga bersih,dan keringkan.                               BACA JUGA ;  TUMBUHAN AJAIB BAWANG DAYAK,SARANA PENYEMBUHAN BERBAGAI MACAM PERNYAKIT                                                                                                                                   

4.melembutkan rambut.
di saat perawatan rambut tampak mahal mungkin kopi bisa jadi solusinya,karena kopi akan membuat rambut jadi sehat dan lembut caranya adalah taburkan kopi di rambut,remas-remas sampai akarnya,lakukan ritual ini beberapa minggu sekali,setelah selesai keramas rambut dengan sampho lalu cuci bersih.

     demikian beberapa manfaat kopi yang bisa kami tulis,namun di samping mempunyai sisi positif kopi jika  di konsumsi secara berlebihan mempunyai efek yang kurang bagus buat kesehatan tubuh kita.
     BACA  :    EFEK SAMPING MEMINUM KOPI TERLALU BANYAK                                                                                                                                           
silahkan tambahan anda di kolom komentar,saran dan koreksi kami harapkan


semoga manfaat

Sunday, June 11, 2017

CARA PALING PRAKTIS CANGKOK PEPAYA

 

     Hanya butuh 1 menit untuk mencangkok pepaya,dan hanya butuh 2 tusuk gigi serta wadah aqua bekas saja,tidak butuh lagi tali dan bahan-bahan lainya.sangat praktis dan dalam waktu yang sangat singkat.
     Biarpun banyak bertebaran tutorial cangkok pepaya di internet,saat ini saya pastikan tidak akan menemukan cara ini di tempat lain,karena ide ini muncul beberapa waktu lalu dan baru saja kami uji coba.dan cara ini murni kreasi kami sendiri.
     Cara ini sebenarnya adalah jawaban dari praktek lapangan,dimana kelemahan utama pembenihan sistem cangkok adalah masalah ribetnya pengerjaan,banyaknya waktu yang di butuhkan untuk menghasilkan bibit yang agak banyak,untuk mendapatkan 50 cangkokan saja kita membutuhkan waktu yang panjang,sangat kontras bila di bandingkan dengan pembibitan  sistim biji yang dengan singkat bisa menyelesaikan beratus-ratus polibeg bakal benih.
     Berangkat dari hal tersebut,kami berpikir untuk menemukan cara agar supaya mencangkok pepaya tidaklah ribet dan memakan waktu,analisa kami hal yang menyita waktu adalah ikat-mengikat kala proses cangkok,sering terjadi tanah media tumpah dan tumpah lagi,terlalu keras mengikat yg ahirnya batang malah patah,kurang erat ikatan cangkokan yang menyebabkan cangkokan  gampang tergoyang dan banyak lagi yang lain.
     Ahirnya dengan sedikit merenung dan berfikir,kami menemukan cara agar dalam mencangkok tidak menggunakan tali lagi.ternyata sangat efisien,irit tenaga dan yang paling penting adalah ketika mencangkok kita jadi terasa nyaman banget.

    BACA  :   CARA MEMBEDAKAN BENIH PEPAYA LONJONG DAN BENIH PEPAYA BULAT                                                                                                 

CARANYA.

1. Iris batang pepaya dan buang   daun2nya,masukan tusuk gigi pada irisan tersebut agar irisan jadi renggang

2.lobangi bagian bawah cup aqua,lalu masukan pada batang pepaya yang akan kita cangkok.

3.topang wadah aqua dgn jalan memasang tusuk gigi tepat di bawah wadah aqua

4.isi wadah aqua dengan tanah

5.selesai.

     Bagi yang sudah pernah mencangkok pepaya,dan berhasil,silahkan bandingkan dengan mencangkok ala desakurumahku29.blogspot ini,pasti terasa bedanya.
     Berikut adalah vidio cara paling praktis dalam mencangkok pepaya,silahkan di amati dan monggo di kritisi.

 Demikian sedikit dari kami,semoga bermanfaat dan mari terus berkreasi.trimakasih dan jangan pernah berhenti untuk berbagi.


Tuesday, June 6, 2017

TRICODERMA


     Tricoderma  sp. Atau yang akrab di sebut sebagai trico saja adalah agen hayati dari golongan fungi.yang di kenal ampuh untuk pencegahan  berbagai macam pernyakit tanaman,yang terutama sebagai pengendali fungi jahat fusarium sp.
     Ada tiga jenis trico yang beredar di dunia pertanian kita,tricoderma harzianum,tricoderma viride,tricoderma sp. Tricoderma harzianum adalah yang paling tangguh dalam bersaing dengan jamur patogen.
     Jamur trico tumbuh optimal pada suhu 25-30°C,dan dapat leluasa berkembang pada pH 4,dan yang sangat menentukan kembang biak tricoderma adalah faktor kelembaban.
     Kemampuan harzianum dan kawan-kawan dalam bersaing dengan jamur patogen,terutama fusarium sp. Sangat bisa di andalkan hal ini tentunya sangat menguntungkan para petani,karena kita tahu fusarium sp. Adalah fungi patogen yang menyerang banyak tanaman,hampir smua tanaman pangan dapat hancur terkena invasi jamur yang satu ini.busuk pangkal batang dan busuk akar pada pepaya dewasa adalah momok yang sangat menakutkan,bayangkan saja berhektar-hektar pepaya yang tinggal panennya,harus roboh massal tidak kuat melawan gempuran busuk pangkal batang dan akar.begitu besar kerugian petani gara-gara fungi jahat fusarium sp.

         B A C A                                                    CARA MEMBUAT BIBIT UNGGUL PEPAYA KALIFORNIA                                                                                                   

     Perlu di ingat bio kontrol ini bersifat sebagai pencegahan,dan kurang efektif jika di aplikasikan sebagai pengobatan,dengan kata lain tricoderma hanya di gunakan untuk mencegah pernyakit datang dan bukan di gunakan untuk mengobati pernyakit.
     Lalu timbul pertanyaan, Bagaimana trico di aplikasikan ?
Bagaimana trico di dapatkan ?

     Jamur yang bersifat antagonis bagi jamur patogen fusarium sp. Ini bagusnya di aplikasikan mulai dari awal olah lahan,taburkan merata di lahan sebelum di lakukan aktifitas penyangkulan,sehingga saat penyangkulan trico ikut masuk ke dalam tanah,di harapkan  nantinya saat di lakukan penanaman, status  lahan kita sudah benar-benar sehat dari cengkeraman patogen,sehingga  tanaman kita terhindar dari berbagai pernyakit.dan lakukan aplikasi susulan nenjelang tanam serta pasca tanam,interval aplikasi minimal 1x tabur atau spray/bulan.
Sebagian praktisi pertanian berpendapat untuk hasil maksimal, aplikasi trico di anjurkan pada sore hari,hal ini berkaitan erat dengan masalah kelembaban.

     Lalu bagaimana trico di dapatkan?
Yang paling gampang adalah beli,kita bisa membeli di toko online,sudah banyak yang jual,kita tinggal pilih saja.tinggal pesan,tranfer uang maka barang datang.atau bisa juga datang ke balai pertanian setempat.
     Trico juga bisa di dapatkan dengan berburu langsung di alam,karena trico biasa berkoloni di tanah-tanah pertanian,hutan,pekarangan,di pohon-pohon kayu.namun yang umum di lakukan adalah dengan menanam nasi di perakaran bambu.
5 hari setelah nasi di kubur di bawah rumpun bambu,biasanya sudah mulai tumbuh miselium tricoderma.
     Demikian sekilas tentang agen hayati tricoderma sp. Smoga manfaat dan jadi amal baik bagi penulis.
Trimakasih

TAPAK LIMAN SANG VIAGRA JAWA

TAPAK LIMAN      Tapak liman adalah tumbuhan semak belukar,yang keberadaanya kadang luput dari perhatian kita,padahal tapak liman kaya ak...

popular post