Tuesday, May 30, 2017

CARA MENGECAMBAHKAN BIJI PEPAYA


     Aktivitas pembibitan pepaya kalifornia dalam media polybeg ada 2 cara yang biasa diterapkan oleh para pekebun/petani pepaya.ada yg menggunakan metode langsung semai dalam polybeg,dan sebagian yg lain menggunakan sistem pengecambahan,di mana biji pepaya di kondisikan sedemikian rupa supaya bisa menjadi kecambah kemudian baru di taruh dalam media pembibitan.

     Keuntungan pembibitan dengan cara dikecambahkan adalah mempermudah dalam perawatan.
Di mana kita tahu bahwa sebuah biji akan bisa tumbuh jika di dukung oleh kondisi kelembaban media yang sesuai,tidak boleh terlalu lembab dan tidak boleh terlalu kering.jikalau bibit tidak kita kecambahkan dulu,maka kita akan di bebani dengan rutinitas penyiraman media agar supaya kelembaban slalu terjaga.padahal biasanya biji pepaya kalau langsung tebar semai memakan waktu untuk tumbuh,antara 10 - 30 hari.
    Berbeda dengan sistem langsung tebar semai,pembibitan dengan cara di kecambahkan dulu,akan terasa lebih ringan dan tidak memakan waktu yang lama untuk tumbuh,biasanya di bawah 10 hari biji sudah mulai jadi kecambah.

     Ada banyak sekali trik dan cara mengkecambahkan biji pepaya,tapi secara prinsipnya smua trik dan cara adalah sama,yaitu mempertahankan kelembaban udara di sekitar biji pepaya, dalam kesempatan ini kami hanya akan berbagi 3 cara saja,mudah-mudahan bermanfaat.

CARA MENGKECAMBAHKAN BIJI PEPAYA 
     1.media plastik,kain + jemur
     2.media koran + pendam
     3.pepaya utuh + jemur

A.MEDIA PLASTIK,KAIN + JEMUR
     Entah kenapa yang jelas cara ini adalah favorit penulis,mungkin di karenakan gampang untuk mengontrolnya,buat memastikan tumbuh belumnya biji pepaya,methode ini sebenarnya sudah bertebaran di internet,dan sudah banyak di tulis teman-teman yang lain,yah itung-itung tulis ulang he he.

Metode ini adalah yang paling gampang di kerjakan,dan paling ringan dalam hal pengontrolan,dan tingkat keberhasilan relatif tinggi.
Biasanya dengan cara ini biji akan berkecambah   pada 4-8 hari.
     Bahan-bahan yang di butuhkan dalam metode ini  adalah:
     1.biji pepaya
     2.kain bekas
     3.baskom/wadah air
     4.plastik hitam+plastik es bening
     5.zpt/rendaman akar bambu
     6.garam dapur

Caranya :

--> pilih dan sortir biji pepaya yang baik dan sehat,untuk lebih jelasnya
B A C A
 MEMBUAT BIBIT UNGGUL PEPAYA     KALIFORNIA                                                                                                                   

--> taruh air dalam wadah campurkan garam dapur,dan masukan biji bibit pepaya,diamkan  selama -+ 60 menit,setelah itu buang biji yang mengambang,angkat biji yang tenggelam,tiriskan sampai kering angin-angin.

--> masukan zpt atau rendaman akar bambu,masukan biji bibit pepaya diamkan minimal 6 jam lebih lama lebih baik.setelah itu angkat dan tiriskan sampai kering angin-angin

--> celupkan kain dalam air zpt atau rendaman akar bambu,kemudian peras pelan,sehingga kain tetap lembab tp tidak terlalu basah

--> taruh biji bibit pepaya di tengah kain lalu lipat-lipat kain,setelah itu masukan lipatan kain ke dalam plastik bening,kasih udara dan ikat kencang.
Masukan plastik bening ke dalam plastik kresek hitam ikat sederhana aja.

--> gantung dan jemur di tempat jemuran baju,biarkan kepanasan dan kehujanan.sesekali cek,bocor ato tidak,dengan melihat plastik masih menggelembung atau kempes.
Bila mana bocor segera ganti plastik dgn yang baru,atau ikat yang bocor

--> jemur slama 5 hari,cek dan buka plastik,kalau belum tumbuh ikat lagi dan lanjutkan penjemuran selama 2 hari.biasanya setelah itu sdh berkecambah dan siap semai dalam media pembibitan.


B.MEDIA KORAN + PENDAM
     Pengecambahan biji bibit pepaya dengan tehnik ini telah banyak di terapkan oleh para petani pepaya,bisa di katakan sebagian besar petani ketika melakukan aktifitas pembibitan sering menggunakan tehnik ini.
     Kelemahan tehnik ini adalah kita agak repot  ketika harus mengontrol tumbuh belumnya biji yang kita pendam di dalam tanah,kita mesti membuka dan mengubur kembali jika ternyata biji belum jadi kecambah.
     Bahan-bahan yg harus disiapkan adalah : 
     1.biji bibit pepaya
     2.kertas koran
     3.baskom / wadah air
     4.ZPT atau air rendaman akar                  bambu
     5.garam dapur

Caranya :

--> taruh air dalam wadah campurkan garam dapur,dan masukan biji bibit pepaya,diamkan  selama -+ 60 menit,setelah itu buang biji yang mengambang,angkat biji yang tenggelam,tiriskan sampai kering angin-angin.

--> masukan zpt atau rendaman akar bambu,masukan biji bibit pepaya diamkan minimal 6 jam lebih lama lebih baik.setelah itu angkat dan tiriskan sampai kering angin-angin

--> taruh biji bibit pepaya di tengah-tengah kertas koran,lipat-lipat kemudian buat lubang di tanah,tidak usah terlalu dalam,dan taruhlah lipatan kertas tadi.
Setelah lipatan kertas koran yang berisi biji bibit pepaya sudah berada di dalam lobang,uruglah kembali tanah tersebut.
Tandailah tanah tersebut agar nantinya kita tidak lupa.
Tunggu sampai 8 hari lalu bongkarlah tanah tempat biji pepaya terpendam.kalau belum tumbuh kecambah timbun kembali bibit tersebut selama 2 hari,perlu di ingat kalau media kertas tampak terlalu kering bisa di basahin lagi dgn cara memercikan air .

Tanda biji masih hidup dan akan tumbuh nantinya walaupun sdh melewati 10 hari adalah,fisik biji bertambah besar dan melar,tdk busuk,dan kalau di kupas nanpak putih segar.selain mengenali biji yang masih hidup, cermati jg karakter bibit pepaya dari penampilan fisik,sehingga kita bisa menganalisis nantinya bibit yang kita tanam berbuah lonjong atau bulat.

      BACA  JUGA                                           CARA MEMBEDAKAN BIBIT PEPAYA LONJONG DAN BULAT                                                                                                 

C. PEPAYA UTUH + JEMUR
     Berikut adalah cara mengecambahkan biji pepaya yg paling unik,gampang,praktis dan lucu hehe
     Kita tidak Membutuhkan ,media apapun,tidak ribet,tidak repot,yang diperlukan hanya menjaga pepaya tersebut agar tidak di ambil orang.

     Trik ini setahu kami belum ada yang menerapkan,baik di dunia nyata maupun maya,cara ini kami temukan berdasarkan pengalaman dari selama ini kami berbudi daya pepaya.
Atas dasar ingin saling berbagi, maka kami tuliskan di sini

Caranya. :

     Petik pepaya yg belum matang tapi sudah benar-benar tua,yang paling baik adalah belum ada polatnya tapi  sudah mulai nampak  samar-samar bakal polat.
Jemurlah pepaya di tempat lapang,biarkan kehujanan dan kepanasan selama 7 hari atau lebih,kalau pemilihan pepayanya tepat,pepaya tidak akan busuk atau lembek.

     Selang per 2 hari sekali,kalau tidak ada hujan siramlah pepaya tersebut,usahakan pada waktu hari bercuaca panas.dan biarkan pepaya di tempat terbuka,siang dan malam,tidak perlu di simpan lagi.

     Setelah melewati 7 hari atau lebih potonglah pepaya tersebut,biasanya biji-bijinya sudah jadi kecambah,mudah bukan? 
Walaupun terlihat mudah tp tdk semudah prakteknya he he,tapi kalau sudah biasa mencobanya nanti terasa mudah dengan sendirinya.

Trima kasih 
SELAMAT MENCOBA
MARI BERKARYA
JAYA INDONESIA RAYA

















3 comments:

TAPAK LIMAN SANG VIAGRA JAWA

TAPAK LIMAN      Tapak liman adalah tumbuhan semak belukar,yang keberadaanya kadang luput dari perhatian kita,padahal tapak liman kaya ak...

popular post