Thursday, August 2, 2018

KENCUR UMBI PENGHANGAT BADAN




     Kencur adalah umbi-umbian yang sangat akrab dengan masyarakat indonesia,terutama suku jawa.Fungsi utama kencur adalah untuk menghangatkan badan,ini terbukti dengan lebih tahannya tubuh dari cuaca dingin dan exstrem jika rutin mengkonsumsi umbi kencur.
     Orang jawa pasti kenal dengan jamu beras kencur,yaitu jamu yang di buat dari campuran beras dan kencur,jamu ini sangat efektif untuk pencegahan dan pengobatan masuk angin,meriang,dan perut kembung.
     Banyak sekali olahan kuliner jawa yang menggunakan kencur sebagai bumbunya,di antaranya pecel,sayur bening,seblak,lotek dll.
     Kencur juga bisa di makan langsung tanpa di olah dulu,namun hanya sedikit orang yang mampu menjalani ritual ini,karena baunya yang menyengat dan rasanya yang pedas,namun jangan di tanya hasilnya.alkisah..tetangga penulis setiap jam 03.00 dinihari,pergi ke pasar,sering bertelanjang dada menerobos jalan yang gelap nan dingin.dia tampak begitu sehat,bugar,dan perkasa bagi orang-orang di sekelilingnya.dan 
Ternyata resepnya cuman beberapa bongkah kencur yang di uleg dengan segenggam beras,setelah itu langsung di makan.
     Kencur adalah tumbuhan unik,dia seolah-olah tidak punya batang,seluruh daunnya menempel di tanah.kencur salah satu tumbuhan yang tidak memerlukan banyak cahaya matahari,dia bisa tumbuh normal di bawah rimbunnya pohon besar,padahal tanaman lain susah untuk tumbuh di situ.
     Daun kencur yang berbentuk seperti daun telinga,berwarna hijau segar biasa di masak sebagai lalap atau di jadikan masakan urap,kluban biasa juga di jadikan pecel bersama sayuran lainnya.
     Menanam kencur amat mudah,kita tinggal beli umbi kencur di warung,kemudian kita pendam umbi kencur begitu saja di sembarang tempat,karena kencur gampang tumbuh dan sangat adaptif dengan segala karakter lahan.

2 comments:

  1. Gawe tulisan terus aku tek macane kang aha aha

    ReplyDelete
  2. Wis tau mangan seblak rung?bumbune kencur mblegedeg,enak anget bgt nang awak

    ReplyDelete

TAPAK LIMAN SANG VIAGRA JAWA

TAPAK LIMAN      Tapak liman adalah tumbuhan semak belukar,yang keberadaanya kadang luput dari perhatian kita,padahal tapak liman kaya ak...

popular post