Thursday, August 24, 2017

MANFAAT BAYAM

     Bayam adalah sayuran yang sangat akrab dengan masyarakat indonesia,termasuk salah satu sayuran  yang biasa di komsumsi oleh semua lapisan masyarakat nusantara,bayam biasa di olah menjadi masakan seperti,pecel,urap,rumbo,kluban,atau sayur bening.
     Bayam bisa tumbuh di seluruh  tanah indonesia,Bayam biasa di tanam di ladang atau kebun,bahkan sering di jumpai tumbuh liar di tanah kosong.bayam akan tumbuh rindang dalam media tanah yang banyak mengandung kompos dan bahan organik,bisa tumbuh maksimal pada tanah yang subur dan mengandung partikel air.
     Bayam kaya akan vitamin dan mineral,dan mineral terpenting adalah zat besi yang berfungsi bagi tubuh untuk menambah energi dan  melancarkan metabolisme.
     Bayam adalah tumbuhan sayuran yang tahan cahaya matahari,tapi akan mempunyai tekstur kulit daun yang halus dan segar pada paparan cahaya yang sedang,tdk terlalu kuat dan tidak lemah.sangat baik di tanam di sela-sela tanaman yang agak rindang,namun cahaya matahari masih bisa masuk.
     Tanaman yang lazim di konsumsi daunnya ini berasal dari benua amerika tropis,tetapi  di gunakan sebagai sayur hanya di asia timur dan asia tenggara saja.sayuran bayam ini ada 2 jenis ,yang biasa di tanam dan di perdagangkan.yaitu bayam turus dan bayam cabut.

 BACA JUGA : MANFAAT DAN KEGUNAAN BAWANG DAYAK                                                                                                                           

3 comments: