Wednesday, June 28, 2017

MANFAAT BAWANG DAYAK

     Bawang dayak yang punya nama lain seperti bawang tiwai,bawang sabrang atau bawang berlian biasa tumbuh di tengah-tengah pedalaman hutan suku dayak di kalimantan sana,hidup bergerombol dengan umbi warna merah tua.spesies bawang yang sebenarnya berasal dari benua amerika saat ini mulai populer dan banyak di budidayakan oleh para hobbis mengingat manfaat dan kegunaaanya yang terbilang istimewa.
     Kegunaan dan manfaat yang pokok dan terkenal dari bawang dayak adalah sebagai pengobatan dan pencegahan pernyakit kanker,di samping banyak manfaat-manfaat yang lain.kegunaan bawang dayak berkaitan erat dengan zat-zat aktif yang terkandung dalam umbinya yang berwarna merah gelap itu.

Berikut kandungan umbi bawang dayak :

A. ALKALOID
     Senyawa yang terkandung di dalam umbi bawang dayak atau bawang tiwai  ini berfungsi atau berkhasiat sebagai anti mikroba

B. FLAFONOID
     Zat yang satu ini mempunyai multi fungsi.senyawa flavonoid yang terkandung di dalam umbi bawang dayak bermanfaat sebagai anti virus, anti kanker juga sebagai anti diabetes,juga bisa di gunakan sebagai anti depresi serta sebagai deuretik
C. GLIKOSIDA
     Senyawa glikosida yang terdapat pada umbi bawang dayak senyawa yang tersusun dari glikon atau gula dan juga senyawa lainnya seperti genin maupun aglikon.senyawa glikon itu sendiri terdiri fruktosa,glukosa,manosa,galaktosa serta laktosa.kegunaan glikosida untuk tubuh kita adalah sebagai obat kanker,untuk mempertahankan daya tahan tubuh serta bisa di gunakan sebagai obat kalesterol alami. di samping itu masih banyak sekali manfaat glikosida bagi kesehatan kita

D. ZAT ZAPONIN
     Zat zaponin berfungs sebagai pengikat kolesterol dalam darah

E. TANIN
     Kegunaan tanin bagi tubuh adalah sebagai anti diare,sebagai antioksidan yang dapat mencegah perkembangan sel-sel kanker dalam tubuh,dan juga berfungsi sebagai antidotum atau zat penawar racun.

   KHASIAT BAWANG DAYAK
     Menurut beberapa sumber, bawang dayak bisa untuk mengobati banyak pernyakit selain untuk mengobati  pernyakit kanker,di antaranya :
Kanker rahim, prostat, bisul, ambeien, kolesterol, amandel, asma, darah rendah, TBC, menurunnya daya ingat/pelupa, sakit pinggang, epilepsi, gangguan pencernaan usus,gangguan ginjal, bronkhitis,migrain,hipertensi, hepatitis, gondok, jantung, diabetes, insomnia, gangguan seksual,rematik,pernyakit kuning, maag,keputihan, kista, asam urat,stroke,penguat stamina.

 BACA  :   FAEDAH DAN MANFAAT MEMINUM KOPI                                                                                                                              

    TATA CARA  KOMSUMSI BAWANG DAYAK.
     Tumbuhan yang tumbuh liar di hutan ini,dengan daun yang berbentuk pita yang agak-agak mirip dengan pohon palem,denga bunga berkelopak lima berwarna putih,dan hanya tumbuh saat gelap saja,dengan umbi yang berbentuk bulat telur sebagai mana umumnya umbi varian bawang-bawangan yang lain.
bawang yang satu ini memang agak lain dengan saudara-saudaranya karena tidak di gunakan sebagai bumbu masakan,karena bawang dayak memang seperti tidak beraroma.
ada beberapa cara untuk mengkomsumsi bawang yang unik ini:

A. cuci bersih bawang dayak lalu makan secara langsung layaknya orang makan lalapan,lakukan 2X        dalam sehari,2-3 siung.

B. cuci bersih bawang dayak,iris tipis-tipis 4-5 siung seduh dengan air panas,aduk dan biarkan agar          mendingin,minum 2 gelas dalam  satu hari.


            Bawang dayak di seduh pakai air panas

C. Dengan cara di rebus,caranya sebagai berikut :
     1. cuci bersih 10-12 siung bawang dayak,iris kecil-kecil dan tipis.
     2. rebus bawang dayak dengan 4 gelas air, lakukan hingga air rebusan tinggal setengahnya saja
     3. setelah air rebusan dingin masukan ke dalam 2 gelas dan di minum 2 kali untuk satu hari


Demikian sedikit info tentang tumbuhan ajaib bawak dayak yang di percaya bisa di jadikan perantara untuk kesembuhan bermaam-macam pernyakit.

    Baca juga. :   CARA MENGCANGKOK PEPAYA DENGAN MUDAH                                                                                                                  

Terima kasih dan semoga manfaat, dan bagi anda yang menderita suatu pernyakit semoga cepat di beri kesembuhan oleh yang maha kuasa,amieenn.salam



7 comments:

  1. Wahhhhh kerennn bisa dijajal kie

    ReplyDelete
  2. Ko balik jawa wis gede-gede tandurane yayu hehe

    ReplyDelete
  3. Ko balik jawa wis gede-gede tandurane yayu hehe

    ReplyDelete
  4. Mantap,bawang Dayak memang sip,
    Bisa beli bibitnya gan?

    ReplyDelete
  5. Maaf bro kami ga jualan bibit bawang dayak.

    ReplyDelete
  6. Tp jika perlu bibit bawang dayak banyak.silahkn datang za ke tempat..

    ReplyDelete
  7. Bawang dayak memang byk manfaatnya

    ReplyDelete